Upaya Pencarian Umi Kembali Dilakukan Tim SAR

Surabaya – Upaya pencarian terhadap Umi Anik (35) kembali dilakukan tim SAR gabungan, pada Sabtu (8/4) pukul 07.00 WIB. Umi adalah salah seorang warga RT 10 RW 03, dusun Sumur Lor, desa Sumur Songo, yang dilaporkan telah tenggelam di sebuah sungai yang terdapat di kecamatan Karas, kabupaten Magetan.

Komandan tim operasi Pos SAR Trenggalek, Dyan Susetyo mengatakan, upaya pencarian korban oleh tim SAR gabungan, dimulai dari TKM (Tempat Kejadian Musibah) yang terletak pada koordinat 7° 54' 55,21" S - 111° 39' 94,92" E, hingga menyusuri sepanjang aliran sungai Karas. Penyusuran dilakukan dengan berjalan di sungai tanpa menggunakan perahu karet.

“Dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan tidak mengerahkan perahu karet beserta sat set mesin motor tempel (mopel), sebab kondisi sungai Karas yang dominan berbatu, dangkal dan lebar yang sempit. Karenanya, pencarian dilakukan personel tim SAR gabungan dengan berjalan di sungai dan tentunya dengan dilengkapi jaket pelampung dan ring buoy,” ujar Dyan.

Selain tim operasi Pos SAR Trenggalek, lanjut Dian, upaya pencarian Umi juga melibatkan unsur SAR gabungan, diantaranya Koramil Karas, Polsek Karas, TRC BPBD kabupaten Magetan, Tagana kabupaten Magetan, Tagana kabupaten Ngawi, RAPI Magetan, RAPI Ngawi, serta dibantu sejumlah warga dan keluarga korban.

Berdasarkan keterangan dari saksi mata, Nanang (29), sebelum tenggelam di sungai, Umi sedang mencari rumput di sekitar sungai untuk pakan ternak, pada Kamis (6/4) pukul 13.00 WIB. Diduga korban terpeleset dan jatuh ke sungai, hingga akhirnya tenggelam. Hal ini diperkuat dengan terlihatnya topi dan karung rumput yang diduga milik korban yang terhanyut di sungai. 

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih terus berupaya mencari keberadaan korban. (Lib)
Link Terkait
PEJABAT